Apabila telat datang bulan

telat datang bulan

Telat datang bulan?

Minimal satu atau dua kali seorang wanita akan mengalami telat datang bulan/haid/menstruasi, bagaimana jika hal ini terjadi lebih dari dua kali dalam setahun ? Apakah merupakan sesuatu yang berbahaya ? Mari kita simak ulasan berikut ini .

Secara normal, kebanyakan wanita akan mengalami menstruasi sebanyak 11 sampai 13 kali menstruasi setiap tahunnya . Proses menstruasi ini terjadi ketika sel telur kita keluar dan menempel di rahim, karena tidak ada sperma yang membuahi sel telur ini , maka dinding rahim yang sudah menebal untuk persiapan bayi yang akan berkembang ini menjadi luluh . Semua proses yang terjadi diatur oleh hormon kita.

Nah , jika Anda telat haid dan berpikir kearah suatu kehamilan , awali dengan mengenali tanda-tanda kehamilan dan lakukan pemeriksaan kehamilan ( pregnancy kit test/ cek urin ke rumah sakit) . Bagaimana jika ternyata Anda tidak hamil , tetapi memiliki siklus menstruasi yang sering telat atau bahkan hingga dua atau tiga bulan Anda tidak haid ? Apakah ini bahaya? Jawabannya adalah bisa Ya , bisa Tidak.

Mari kita lihat apa saja penyebab telat datang bulan yang biasanya sering terjadi :

  1. Stres atau gangguan emosional

Stres ataupun keadaan dengan emosi yang tidak stabil, akan membuat tubuh kita tidak sehat dan membebani tubuh kita secara tidak langsung, sehingga hormon yang berperan untuk siklus menstruasi terganggu dan tidak bekerja . Selain dari faktor pikiran , stres juga bisa didapat dari olahraga yang berlebihan , penurunan atau kenaikan berat badan yang drastis dan terjadi tiba-tiba. Untuk itu pada kasus-kasus diet, harus dilakukan secara bertahap. Jadi , jangan bebani tubuh Anda secara berlebihan , coba untuk rileks dan istirahat. Karena pikiran yang sehat akan membuat tubuh kita sehat, begitu juga sebaliknya .

  1. Pre menopaus atau menopaus dini

Menopaus terjadi di usia antara 45 – 55 tahun . Yang disebut sebagai pre menopaus merupakan keadaan dimana hormon yang kita miliki mulai pelan – pelan berkurang , dan memasuki transisi ke masa menopaus sehingga salah satu gejala yang biasanya sering timbul adalah menstruasi yang tidak teratur, dan datang bulan yang terlambat. Tidak ada usia yang pasti kapan dan berapa lama transisi ini terjadi. Tetapi pada masa ini , kehamilan masih mungkin terjadi walaupun Anda tidak menstruasi. Sedangkan menopaus dini biasanya terjadi pada usia awal 40 an , dimana penyebabnya sangat banyak mulai dari obat-obatan ataupun tindakan operasi pengangkatan rahim , dan gangguan beberapa hormonal lainnya. Bila Anda , mengalami gangguan telat datang bulan diusia diatas 40 tahun , coba konsultasikan tanda dan gejalanya dengan dokter , untuk memastikan keadaan ini.

  1. Pil kontrasepsi
telat datang bulan

Pil Kontrasepsi

Apabila Anda adalah salah satu yang mengkonsumsi obat pil kontrasepsi , kemudian mengganti dengan kontrasepsi yang lain, atau berhenti minum pil ini karena berencana untuk memiliki anak. Jangan kaget dan panik , jika setelah berhenti dengan obat pil kontrasepsi ini Haid/datang bulan Anda tidak teratur dan tidak kunjung datang hingga 1-2 bulan. Karena hal ini adalah normal .

  1. PCOS ( Poly Cystic Ovarian Snydrome )

Disamping dari semua yang telah dibahas , ada beberapa keadaan yang membutuhkan sedikit perhatian jika Anda mengalami telat menstruasi terlalu sering dalam setahun. Salah satunya adalah disebut dengan PCOS (Poly Cystic Ovarian Syndrome) yang merupakan suatu kelainan , dimana indung telur ( ovarium) kita memiliki kista yang banyak disekitarnya , yang menyebabkan pengeluaran hormon untuk siklus menstruasi ini terganggu . Hal ini biasanya akan disertai dengan nyeri perut atau kram perut yang hebat setiap kali datang bulan (tidak selalu) . Karena keadaan ini yang berlangsung terlalu lama dapat menyebabkan infertilitas. Tetapi tidak semua nyeri perut dan telat haid mengarah kepada PCOS . Untuk hal ini memerlukan konsultasi dengan dokter dan jika perlu dilakukan pemeriksaan berupa USG , untuk melihat indung telur.

Masih banyak keadaan hormonal dan non-hormonal lainnya yang dapat menyebabkan terganggunya siklus menstruas (telat datang bulan). Dibutuhkan komunikasi yang baik dari pasien serta pemeriksaan lanjutan untuk mengenali tanda dan gejala dari penyebab telatnya haid ini secara pasti oleh dokter .

Oleh : dr. Yi Yin Meria Daini

Referensi :

  1. http://www.nhs.uk/Livewell/menstrualcycle/Pages/DoIneedtoseeadoctor.aspx
  2. http://www.mypregnancybaby.com/reasons-missed-period/
  3. http://www.womenshealthmag.com/health/late-period
  4. http://www.webmd.com/women/tc/missed-or-irregular-periods-topic-overview

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *