Proses Kehamilan

Anak merupakan anugerah dari Yang Maha Kuasa dan seringkali kelahirannya menjadi kejadian yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh keluarga. Namun pernahkah terbesit di benak anda, bagaimana proses terbentuknya bayi? Bagaimana pula rupa bayi setiap bulannya? Mari kita simak keajaiban dari anugerah Tuhan yang satu ini.

Tahap perkembangan janin

Sperma + Sel Telur = Bayi

Proses KehamilanBayi terbentuk dari pertemuan sperma dan sel telur. Proses ini disebut dengan proses pembuahan. Sperma yang membawa setengah sifat genetik dari ayah dan sel telur, seringkali disebut juga dengan ovum, yang membawa setengah sifat genetik dari ibu.

Sebelum pertemuan tersebut, Berjuta-juta sperma harus menempuh jarak sejauh 18 cm dari mulut rahim hingga ke saluran telur (Tuba Fallopii), tempat dimana sang sel telur sudah menunggu untuk dibuahi.

Sperma-sperma ini masih harus menembus lapisan dinding sel telur. Pada proses ini memungkinkan terjadinya pembuahan 1 ovum oleh lebih dari 1 sperma. Kejadian itu dapat menyebabkan perkembangan 2 bayi atau kehamilan kembar.

Setelah “perlombaan” berakhir

Proses KehamilanZigot yang merupakan hasil pembuahan sel telur dengan sperma harus bergerak menuju dinding rahim untuk membenamkan dirinya dan bertumbuh. Proses ini disebut dengan proses implantasi. Proses ini akan menyebabkan adanya perdarahan bercak-bercak yang sering dianggap sebagai menstruasi.

Kemudian, zigot ini akan mulai memproduksi hormon hCG (human chorionic gonadotropin) yang berfungsi memperkuat dan mempertahankan kehamilan. Hormon ini akan terus meningkat hingga dapat terdeteksi pada pemeriksaan kencing 2 minggu setelah proses pembuahan. Hormon ini juga yang menyebabkan rasa mual dan muntah yang dialami ibu pada awal kehamilan. Untuk informasi lebih lengkap mengenai tanda dan gejala orang yang hamil baca “CIRI-CIRI ORANG HAMIL“.

Kehamilan Bulan Kedua

Hamil minggu ke-5Setelah proses implantasi, bayi akan mulai bertumbuh dari seukuran biji bunga hingga berukuran kurang lebih 2 cm dalam 1 bulan. Beragam cikal bakal organpun sudah mulai dibentuk hingga denyut jantungnya sudah mulai dapat dideteksi pada awal minggu ke-enam.

Hamil minggu ke-8

Pada tahap inilah ibu akan merasakan mual dan muntah serta perubahan suasana hati yang mendadak. Sang calon ibu pun memerlukan berbagai nutrisi untuk mencukupi kebutuhan makanan ibu dan bayi. Untuk mengetahui makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh ibu hamil simak “MAKANAN SEHAT IBU HAMIL

Kehamilan Bulan Ketiga

Hamil minggu ke-12Kini kita memasuki akhir trimester pertama. Pada saat ini, sebagian besar sistem organ sudah berkembang sempurna. Mulai dari mata, jari-jari, hingga kelamin. Namun, alat kelaminnya masih terlalu kecil untuk dapat dilihat dengan menggunakan USG (Ultrasound SonoGraphy). Pada tahap ini embrio sudah dapat disebut sebagai fetus atau janin.

Janin kini sudah mulai menggerakkan kaki-kakinya dan mulai menendang-nendang. Rambut dan kukunya pun sudah tumbuh.

Perubahan pada ibupun tidak kalah heboh. Pada perut ibu akan nampak garis berwarna gelap yang membentang ditengah perut. Garis ini disebut dengan linea nigra. Dan rahim pun sudah mulai dapat diraba dari perut bagian luar.

Kehamilan Bulan Ke-empat

Hamil minggu ke-16Pada awal trimester kedua, biasanya gejala-gejala kehamilan sang ibu akan mulai berkurang selain tentunya perut yang semakin membesar.

Janin mulai bermain-main didalam rahim. Mulai dari bermain dengan tali pusatnya hingga mengernyitkan dahinya. dan dikarenakan perkembangan ginjal janin yang sudah sempurna maka janin akan mulai mengeluarkan air kencing ke dalam cairan ketubannya.

Kehamilan Bulan Kelima

Hamil minggu ke-19Ibu dapat merasakan bahwa rahimnya kini mencapai hingga ke pusar. Pada tahap inilah rasa pegal-pegal hebat pada daerah pinggang akan dikeluhkan oleh ibu akibat perubahan titik tumpu pada tubuh. Ibu pun akan merasa pusing bila tidur dalam posisi terlentang sehingga seringkali disarankan agar tidur menghadap ke sebelah kiri. Janin yang menendang-nendang didalam rahim kini dapat dirasakan oleh ibu. Pada bulan inilah para orang tua yang penasaran dengan jenis kelamin janin dapat melakukan konsultasi dengan dokter untuk mencari tahu jenis kelamin janin.

Kehamilan Bulan Ke-enam

couple1_featuredJanin sudah dapat mendengar suara. Para orang tua yang ingin memperdengarkan musik klasik pada bayi dapat memulainya pada tahap ini. Pada bulan ini juga paru-paru janin mulai mengalami pematangan meski belum betul-betul sempurna.

Ayah mungkin akan disibukkan oleh kegiatan berburu makanan. Betul sekali! Karena pada saat inilah sang istri tercinta akan mulai “ngidam” makanan-makanan tertentu. Dan tentunya sang suami tidak tega untuk mengecewakannya bukan?

Hamil minggu ke-24

 

Kehamilan Bulan Ketujuh

Inilah awal dari trimester akhir kehamilan. Janin akan tetap bertumbuh terutama dari beratnya. Jadi jangan kaget bila berat bertambah hingga 2 kilogram pada tahap ini, janin pun semakin membutuhkan berbagai macam nutrisi.

Hamil minggu ke-28Janin mulai lebih sensitif terhadap suara dengan memberikan respon yang lebih jelas dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Janin pun mulai berlatih bernafas demi menghadapi hari dimana sang bayi menghirup udara untuk pertama kalinya. Janin mulai memiliki siklus bangun dan tidur dan dikatakan bahwa janin tersebut sudah dapat bermimpi.

Pada saat ini janin terus bertumbuh hingga rahim mulai menekan rongga paru, ibu akan merasa cepat kehabisan nafas. Tungkai yang bengkak dan wasir pun sering menjadi keluhan pada tahap ini. Bila khawatir segeralah konsultasi dengan dokter.

Kehamilan Bulan Kedelapan

Hamil minggu ke-29Satu bulan menjelang kelahiran sang calon bayi. Sistem organ sang janin sudah hampir sempurna terutama paru-parunya. Pada tahap ini apabila bayi lahir sebelum waktunya, janin sudah dapat bertahan hidup dengan pengawasan yang ketat.

Janin akan semakin besar, keluhan-keluhan sebelumnya akan makin dirasakan. Apalagi ibu akan mulai merasakan kontraksi-kontraksi ringan yang menandakan bahwa sebentar lagi dunia akan menyambut satu jiwa baru.

Kehamilan Bulan Kesembilan

Hamil minggu ke-37Bayi tetap akan bertumbuh namun tidak sepesat bulan-bulan sebelumnya. Sebelum tiba saatnya melahirkan bayi perlu diperhatikan beberapa hal, salah satunya adalah posisi janin. Umumnya, kepala janin akan berada dibawah menanti hingga saatnya melahirkan. Bila didapatkan posisi paling bawah janin bukan merupakan kepala maka sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter ahli kandungan.

Pada ibu yang baru pertama kali hamil, kepala janin akan mulai masuk ke pinggul dan ibu akan sedikit merasa lebih baik. Namun pembengkakan kaki calon ibu akan bertambah hebat. Ibu terkadang akan merasakan kesemutan atau rasa kebas pada kaki dan pinggangnya.

Cairan ketuban akan berkurang namun janin akan terus bertumbuh. Fungsi organ janin pun sudah sempurna yang ditandai dengan kemampuan janin untuk memproduksi kotoran berwarna kehitaman yang disebut dengan mekonium.

Saat yang dinantikanpun akhirnya tiba

Sembilan bulan ibu mengandung, sekarang saat yang dinantikan pun tiba. Ibu akan mulai merasakan mulas-mulas yang semakin lama semakin sering, keluarnya lendir yang bercampur dengan darah dan tidak jarang disertai dengan pecahnya ketuban. Segeralah pergi ke fasilitas kesehatan yang menyediakan fasilitas untuk memeriksakan diri.

Bila setelah sepuluh bulan ibu mengandung namun belum ada tanda-tanda seperti diatas, konsultasikanlah dengan dokter kepercayaan anda. Kelahiran yang lewat waktu tentu memiliki risiko tersendiri.

parents-kiss-baby-girl-736x459

Bila ini pertama kalinya untuk anda mungkin proses ini akan memakan waktu hingga 20 jam. Tetaplah tenang, ikuti arahan dari dokter atau bidan yang membantu persalinan anda, dan percayalah bahwa tangisan bayi anda akan membuat hidup anda lebih berarti.

Ditulis oleh Dr. Hartanto

Daftar Pustaka

  1. http://www.babycentre.co.uk/1-week-conception
  2. http://creationoutreach.com/id227.html
  3. http://www.opposingviews.com/i/social/wife-comes-cheating-test-her-husband-his-response-shocking
  4. http://wallup.net/parents-kiss-baby-girl/
  5. http://embryo.soad.umich.edu/

Comment (1)

  • Are stem cells really the miracle cure? -| December 2, 2015

    […] tahap dimana struktur tersebut sudah siap untuk implantasi ke rahim (Baca: PROSES KEHAMILAN http://www.ezmedicall.com/proses-kehamilan/). Sedangkan sel punca somatik dapat ditemukan di berbagai lokasi di tubuh manusia dewasa. Perbedaan […]

  • Joan| January 23, 2017

    That’s the perceft insight in a thread like this.

  • Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *